Sebagai newsletter kedua dan menjelang tutup tahun 2017 beberapa konten menarik yang dimasukkan adalah gambaran perjalanan komunitas web developers dan karyanya selama 2017. Dan ini dia yang kalian harus tahun di pertengahan Desember 2017 ini.

Berita Terbaru

The State of JavaScript 2017

image

Laporan trend dan perkembangan JavaScript di 2017

Sebuah survey ke 20.000 web developers untuk mencari tahu bagaimana perkembangan JavaScript selama 1 tahun ini. Laporan ini bisa memberi gambaran buat web developers terkait trend akan penggunaan JavaScript beserta tools, libraries, dan frameworks yang populer di komunitas web developers.

WhatWG Merangkul Browsers Engines

image

Tweet bersama menunjukkan dukungan para browser engines pada WHATWG

WHATWG adalah organisasi yang fokus pada implementasi standard di browsers. Sebelumnya mereka fokus di spesifikasi dan advokasi standard ini tanpa dukungan resmi dari browser engines yang ada. Tapi per akhir tahun ini bersama-sama dengan Google, Mozilla, Apple, dan Microsoft mereka sepakat membentuk steering group untuk dapat menyusun standarisasi implementasi bersama di semua browser engines mereka. Harapan kita sebagai pengembang web tentunya lebih mudah dalam mengembangkan web sehingga implementasi bisa lebih konsisten di semua browsers.

State of Vue.JS 2017

Selain laporan tahunan terkait JavaScript secara general seperti di atas, salah satu agency pengembangan aplikasi dan web yaitu Monterail juga melakukan riset perkembangan Vue di kalangan web developers. Hasil risetnya bisa teman-teman akses di halaman ini. Yang menarik dari laporan ini adalah beberapa studi kasus dari beberapa perusahaan yang menggunakan Vue.JS.

Artikel Menarik

Rendering AJAX-Crawling Pages

Salah satu tantangan dari Single Page Application(SPA) adalah optimasi untuk search engine (SEO) yang memerlukan usaha lebih dibandingkan dengan server rendered pages. Artikel dari Google Webmaster Tool ini memberikan panduan bagaimana mengoptimalkan website dengan AJAX agar dapat dibaca oleh Google crawler. Selain itu Google Webmaster Tools juga memberikan update untuk SEO starter guide untuk bisa mengakomodasi SPA.

Getting Your Website Ready For Mobile First Indexing

Sama seperti artikel di atas, Google Webmaster Tool ingin memastikan bahwa pengembang web bisa fokus pada optimalisasi akses website menggunakan mobile device. Panduan ini membantu para pengembang web bisa mengoptimalkan website-nya agar dapat di-index oleh Google Crawler.

Netflix and React

image

Pernyataan yang di-tweet dan berujung menjadi thread panjang

Sebuah tweet yang menjadi diskusi panjang di Twitter karena pernyataan engineer Netflix yang menyatakan dengan mengeluarkan React dari aplikasi, mereka mendapatkan peningkatan performance lebih dari 50%. Jake Archibald mencoba mengulas bagaimana sebenarnya peningkatan 50% performance itu terjadi.

Async CSS

Teknik asynchronous loading dengan attribute async cuma bisa digunakan pada script, bukan pada link yang biasa digunakan untuk memuat CSS di halaman web. Dan seperti kita tahu, bahwa CSS merupakan critical resources yang juga rendering blocking. Artikel ini menjelaskan bagaimana kita bisa membuat CSS menjadi tidak blocking sehingga halaman web kita bisa tampil lebih cepat.

23 Minutes of Works For Better Fonts Loading

image

_glyphhanger_ command output, automatically subsetting both web fonts.

Selain CSS, font merupakan critical resources __ yang terkadang agak susah untuk kita lupakan karena ingin agar typography kita bisa terlihat lebih baik. Bila font belum dimuat, maka browsers tidak akan menampilkan konten text di halaman website.

Santa Tracker

image

Santa Village di web Santa Tracker

Natal sudah dekat dan seperti biasa Google punya Santa Tracker yang bisa dimainkan hanya dengan membuka websitenya. Di series video ini, Sam yang mengembangkan Santa Tracker bercerita tentang pengembangnya serta bagaimana kalian bisa melakukan clone pada repo Github dan menjalankan Santa Tracker dari komputer kalian sendiri.

Tools, Libraries, dan Frameworks

Introducing Turbo: 5x Faster Than Yarn and NPM

image

Turbo, package management yang dirancang lebih cepat dari Yarn dan NPM

Package management sudah menjadi bagian utama dalam pengembangan website dan salah satu yang menjadi kendala adalah banyaknya package dependencies yang dibutuhkan sehingga butuh lama untuk melakukan setup. Karena itu salah satu package management terbaru Turbo mencoba mengurangi waktu setup dengan performance 5x lebih cepat dari package management populer seperti Yarn dan NPM.

Webpack With Service Worker

Webpack sebelumnya menggunakan SW-Precache sebagai service worker plugin. Sebelum akhirnya memasukkan Workbox yang merupakan library lanjutan untuk service worker yang dikembangkan setelah oleh Google. Workbox sendiri adalah library untuk membantu penggunaan service worker yang memberikan kemudahan konfigurasi namun bisa juga digunakan untuk fungsi yang lebih advance.

Using Trusted Web Activity

Setelah diumumkan di Chrome Dev Summit, akhirnya panduan penggunaan Trusted Web Activity dipublikasi di web Google Developers Web. Dengan adanya panduan ini web developers akhirnya bisa melakukan bundle Progressive Web App(PWA) mereka dan mempublikasikannya di Google Play.

Real User Experiences Test

Di Chrome Dev Summit, Chrome team juga merilis user experiences report __ yang bisa diakses menggunakan Big Query. Namun untuk memudahkan dalam melakukan menampilkan data, Dexecure merilis sebuah website tool yang memudahkan kita mengakses data tersebut menggunakan form sederhana.