Memulai 2018 biasanya dengan merencanakan kira-kira apa yang akan dilakukan selama setahun ke depan. Termasuk kira-kira akan belajar library atau framework apa, atau akan membuat sesuatu dan merilisnya ke publik dalam setahun ke depan. Apapun itu rencana kalian mudah-mudahan pilihan artikel ini bisa membantu mempermudah rencana kalian.

Berita Terbaru

Autofill Di Browsers Bisa Mencuri Data Kalian

image

Demo auto fill mengisi data fields tersembunyi

Fitur auto fill form di browser terkadang memudahkan tapi bisa juga dimanfaatkan untuk mencuri data credentials pengguna seperti password atau kartu kredit. Dengan menyembunyikan input fields dari tampilan namun tetap terisi pada saat kita mengaktifkan auto fill maka kita bisa mendapatkan data credentials tersebut. Nah sebagai web developers, informasi ini jangan digunakan justru untuk mencuri data tapi sebagai pembelajaran agar kalian mengerti bagaimana browsers berfungsi dan berpikir bagaimana agar web bisa lebih aman.

Real World Data in Pagespeed Insight

image

Hasil test Pagespeed dengan data Chrome User Experience report

Pagespeed Insight adalah tool untuk mengukur kecepatan tampil sebuah website. Dan Pagespeed Insight ini sekarang sudah mengintegrasikan hasil tes dengan Chrome Experience Report sehingga kalian akan bisa membandingkan hasil tes kalian dengan rata-rata kecepatan tampil berdasarkan data Chrome Experience report.

Total Economic Impact AMP terhadap E-Commerce dan Publishers

Baru-baru ini Accelerated Mobile Page (AMP), yaitu library yang membantu kalian membangun aplikasi mobile web yang bisa tampil dengan sangat cepat di mobile merilis dampak kecepatan loading di mobile terhadap e-commerce dan publishers dari perspektif ekonomi. Laporan yang patut kalian baca agar paham kenapa website kalian harus loading kurang dari 5 detik di mobile.

Artikel Menarik

Permission On The Web Suck

image

Permission adalah permintaan akses ke pengguna untuk bisa menggunakan fitur yang bersifat privacy. Dan di web, permintaan akses hingga saat ini masih agak kurang baik bagi pengguna. Lihat saja bagaimana web yang ada meminta notifikasi push tanpa memberikan alasan kenapa mereka meminta akses tersebut. Artikel ini memberikan gambaran bagaimana harusnya permintaan akses tersebut bisa lebih baik.

Web Based Voice Command Recognition

Kalau kalian familiar dengan personal assistant seperti Siri atau Google Assistant, tentu kalian familiar dengan pengenalan suara. Artikel ini menunjukan kemampuan dari web untuk bisa melakukan fungsi serupa tanpa harus mengirim data ke server. Menggunakan library DeeplearnJS contoh ini menunjukkan bagaimana dia bisa mengenali jawaban yes dan no. Contoh sederhana untuk kalian memulai machine learning di web.

JavaScript Startup Optimization

image

Proses rendering di browser

Rata-rata aplikasi web modern sekarang dibangun dengan framework modern yang menjalankan hampir semua fungsi di browser dengan konsep application shell. Dan fungsi tersebut tentu ditulis dengan JavaScript, dan dampaknya adalah ukuran kode JavaScript yang makin besar dan tentu membutuhkan waktu untuk parsing lebih lama. Artikel ini mencoba memberikan arahan ke developers bagaimana kalian bisa mengoptimalkan kode kalian agar lebih cepat diparsing dan dijalankan oleh browsers.

Server Rendering, Code Splitting, and Lazy Loading with React Router v4

Transisi dari monolith app hingga menjadi app shell app seperti di Airbnb ini menarik untuk inspirasi developer. Dimulai dari Ruby, lalu server rendering dengan Hypernova library yang dikembangkan Airbnb untuk kebutuhan server rendering, hingga akhirnya menerapkan universal rendering dengan React router v4.

Tools, Libraries, dan Frameworks

Workerize

image

Jason Miller, developer yang membuat Preact, library alternatif untuk React merilis library baru untuk memindahkan load modules ke thread terpisah di workers thread. Ide ini menarik karena dengan memisahkan thread untuk module, maka module tersebut tidak akan mengganggu thread utama untuk rendering tampilan.

Minimum Configuration WordPress PWA

WordPress adalah CMS paling populer di Indonesia karena kemudahan penggunaan, tersedia gratis, serta fleksibilitas kostumasinya untuk fungsi tambahan. Nah Progressive Web App sendiribertujuan untuk meningkatkan pengalaman pembaca WordPress site yang salah satunya dengan mempercepat waktu loading website. Dan plugin Minimum Configuration WordPress PWA ini memudahkan pemilik WordPress site untuk mengadopsi PWA tanpa perlu mengerti teknis web programming.

Lighthouse 2.7 dengan SEO Audit

image

Akhirnya salah satu kebutuhan wajib developer untuk melakukan search engine optimization (SEO) bisa lebih mudah dengan rilis terbaru dari Lighthouse audit tool ini. Dengan demikian developers bisa memahami best practice untuk mengoptimalkan website mereka untuk search engine indexing.

Chrome Debugging dari Visual Studio Code

image

Chrome Debugging with Visual Studio Code

Kalau kalian masih terbiasa melakukan debugging dengan console.log() maka sudah saatnya kalian mengefesiensikan proses debugging dengan tool yang tepat. Dengan Visual Studio Code, kalian bisa melakukan debugging dengan set break di posisi kode tertentu di Visual Studio Code kalian dan melihat state dari beberapa variables langsung di Chrome Dev Tool.